Bursa Saham Hong Kong berayun diantara gain dan loss, setelah sebelumnya indeks tersebut mencatat pelemahan mingguan tertajam sejak Maret lalu, hal tersebut akibat para pengunjuk rasa pro-demokrasi memasuki pekan ke-2.

Indeks Hang Seng catat gain 0.4% ke level 23,147.59 pukul 10:20 pagi waktu Hong Kong setelah sebelumnya melemah sebesar 0.3%. Pekan lalu Indeks acuan tersebut melemah sebesar 2.6% setelah polisi menggunakan gas air mata dan semprotan lada pada demonstrasi terbesar dalam satu dekade terakhir tersbut. Hari ini Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share catat gain 0.1% ke level 10,358.06. Sementara Bursa Saham China akan buka kembali tanggal 8 Oktober rmendatang dari libur nasional.

Para pengunjuk rasa di kantor-kantor pemerintah Hong Kong berkeinginan untuk melanjutkan upayanya, meskipun jumlahnya menyusut dan mereka melonggarkan akses bagi pegawai pemerintahan setelah Chief Executive Officer Leung Chun-ying pada 4 Oktober lalu melalui siaran televisi yang menyatakan bahwa pemerintah akan mengambil œupaya apapun guna menertibkan keadaan. Sementara itu, jumlah demonstran turun dari sepuluh ribu yang telah bertahan selama sepekan terakhir, banyak hambatan yang telah menyebabkan tutupnya toko, sekolah dan terganggunya para komuter. (bgs)

Sumber : Bloomberg