General Motors telah menginstruksikan kepada para dealer untuk menghentikan penjualan sedan Chevrolet Cruze model tahun 2013 dan 2014 sekitar 33.000 unit baik baru dan bekas karena bermasalah dengan airbag produksi Takata Jepang.

Airbag bermasalah yang diproduksi oleh Takat banyak telah memicu banyak penarikan kembali jutaan kendaraan di seluruh dunia termasuk dari Toyota.

Juru bicara GM, Jim Cain mengatakan bahwa perusahaannya telah memberikan pemberitahuan kepada pabriknya di AS dan Kanada untuk menghentikan pengiriman mobil Cruze “sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

General Motors akan “bekerja sama dengan pemasok dari bagian yang rusak untuk mengidentifikasi kendaraan tertentu yang terkena dampak dan berharap untuk melanjutkan pengiriman pada akhir pekan ini setelah kendaraan tersebut teridentifikasi,” kata Cain.

Keputusan itu adalah berita buruk bagi Takata dan Chevrolet.

Produsen-produsen mobil Jepang pada Senin lalu menarik hampir tiga juta kendaraan di seluruh dunia karena cacat airbag yang dapat menimbulkan risiko kebakaran. Termaksud Honda, Mazda dan Nissan.

Takata Corp,Jepang yang membuat airbag tersebut telah meminta maaf atas masalah dan bersumpah untuk melakukan upaya maksimal guna mencegah kembali masalah seperti ini.

Subjek dari penarikan dariHonda mencapai total 13 model kendaraan mobil termasuk Accord dan Fit yang tengah populer di Jepang,

Inflators airbag penumpang depan harusnya dirakit dan di produksi dengan komponen yang benar, kata pembuat mobil terbesar ketiga di Jepang tersebut.

Karena hal Itu bisa menyebabkan wadah inflator pecah jika terjadi kecelakaan, memunculkan risiko kebakaran atau melukai penumpang.

Masalah yang sama juga menyebabkan produsen mobil terbaik Toyota untuk menarik jutaan kendaraannya secara global. (vck)

 

Sumber: AFP