Saham Asia di luar Jepang jatuh, menuju level terendah dalam dua setengah bulan, setelah China melaporkan serangkaian data ekonomi yang mengecewakan.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang tergelincir 0,2 persen ke level 397,3300 pada pukul 09:10 pagi waktu Tokyo, menuju penutupan terendah sejak 3 Maret. Penjualan ritel Cina, produksi industri dan aset tetap data investasi yang dirilis pada hari Sabtu meleset dari estimasi ekonom, sementara kenaikan terbesar dalam penjualan ritel AS dalam setahun menghidupkan kembali spekulasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada awal Juni.

Mengecewakannya output baja dan batubara menyeret produksi industri di China, yang meningkat 6 persen dari tahun sebelumnya dibandingkan perkiraan ekonom sebesar 6,5 persen, sedangkan pembacaan ritel dan investasi juga mengecewakan, menurut laporan pada hari Sabtu. Sehari sebelumnya, data menunjukkan penurunan di kredit baru untuk bulan lalu.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,2 persen. S & P / ASX 200 Index Australia melemah 0,1 seiirng yield obligasi 10-tahun negara jatuh ke rekor terendah. S & P / NZX 50 Index Selandia Baru kehilangan 0,3 persen. Pasar di China dan Hong Kong belum memulai perdagangan saat berita ini diturunkan. (sdm)

 

Sumber: Bloomberg