KontakPerkasa Futures – minggu hujan lebat di seluruh Cina tengah dan Selatan telah menyebabkan banjir terburuk di negara itu sejak tahun 1998, membunuh 173 warga, merusak peternakan dan memotong arteri transportasi utama dan menciptakan angin sakal yang potensial untuk pertumbuhan ekonomi.

Yangtze bengkak dan Sungai lainnya tumpah bank mereka sebagai banjir pindah ke arah pantai. Yang ini diperparah oleh kedatangan topan Nepartak, yang diturunkan ke depresi tropis karena membuat pendaratan hari Sabtu di Provinsi Fujian.

Departemen sipil mengatakan banjir dan hujan yang terkait dengan topan mempengaruhi lebih dari 31 juta orang di 12 provinsi, tenggelam lebih dari 2,7 juta hektare (6,7 juta hektar) makan cropland dan disebabkan 67.1 miliar yuan ($10 miliar) dalam kerusakan.

Kematian adalah masih kurang 4,150 dilaporkan pada tahun 1998. Banjir keduanya kemudian dan sekarang ini disebabkan oleh hujan deras yang terhubung ke El Nino, yang berasal dari perairan hangat di Samudera Pasifik di dekat khatulistiwa dan mengganggu pola cuaca global.

sementara peramal berkata cuaca terburuk yang meninggal pada hari Senin, para analis mengatakan dampak ekonomi dari peternakan kerusakan dan gangguan transportasi akan dihitung untuk bulan-bulan mendatang.

Pembangunan nasional dan Komisi reformasi Cina mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu bahwa buah-buahan dan sayuran harga telah meningkat signifikan  di beberapa daerah banjir. Meminta pemerintah daerah untuk memantau harga dan melaksanakan kontrol harga jika diperlukan.

Banjir akan meningkatkan harga konsumen di bulan Juli dan Agustus oleh sekitar 0,2 persen poin ke tingkat di atas 2 persen, Zhou Jingtong, Direktur penelitian ekonomi makro di Bank of China Ltd di Beijing, menulis dalam sebuah catatan. CPI naik 1,9 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Juni, kurang dari 2 persen keuntungan dalam Mei, Biro Statistik Nasional mengatakan minggu.

Ekonom mengatakan banjir akan memiliki baik jangka pendek dan panjang implikasi ekonomi terbesar kedua di dunia. Kekurangan makanan dan produk bisa terwujud segera dari gangguan pasokan sebagai sarana transportasi lumpuh dan pabrik-pabrik dan kantor-kantor ditutup di beberapa Provinsi paling industri Cina. KontakPerkasa Futures