Cina ekspor stabil pada bulan Mei, dengan melemahnya mata uang memberikan dukungan kepada pertumbuhan di dunia terbesar perdagangan bangsa, sementara impor ditandai peningkatan permintaan domestik.

Pengiriman luar negeri jatuh 4,1 persen di Dollar dari tahun sebelumnya, administrasi Kepabeanan mengatakan Rabu. Impor menyelinap 0,4 persen–drop terkecil sejak akhir 2014–untuk meninggalkan surplus perdagangan $50 miliar. Mencerminkan yuan lemah, ekspor dan impor yang bernasib lebih baik ketika diukur dalam istilah mata uang lokal. Saham dikupas kerugian di Shanghai.

Waktu terburuk bagi ekspor Cina telah berlalu,”kata Harrison Hu, kepala ekonom Cina besar di Royal Bank of Scotland Plc di Singapura, menambahkan bahwa pertumbuhan ekspor mata uang dolar sedikit menyesatkan karena perubahan harga. “Jumlah ekspor benar-benar menunjukkan peningkatan yang tenang. Yuan juga disusutkan terhadap sekeranjang mata uang, yang mendukung ekspor.”

Bersama dengan perbaikan impor, data penjualan mobil dirilis Rabu juga ditandai permintaan domestik tetap utuh. Pembelian naik 11 persen menjadi 1,76 juta unit pada bulan Mei untuk keuntungan kesembilan dalam 10 bulan, menurut Asosiasi mobil penumpang Cina.

Drop impor sederhana dibandingkan dengan perkiraan untuk slide 6,8 persen di Dollar, sementara ekspor hampir sejalan dengan perkiraan oleh ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Perdagangan masih menghadapi tantangan global. Bank Dunia pada hari Selasa dipotong estimasi pertumbuhan global untuk 2,4 persen untuk tahun ini, yang akan sama dengan 2015, dari 2,9 persen diproyeksikan pada bulan Januari.

Melanjutkan ekspor kelemahan menggarisbawahi tantangan bagi para pembuat kebijakan sebagai permintaan eksternal yang bersemangat memberikan sedikit bantuan untuk pertumbuhan, Bloomberg intelijen ekonom Tom Orlik dan Fielding Chen menulis dalam sebuah laporan.

Melihat ke depan, moderat depresiasi Yuan harus menyediakan bantal untuk daya saing, “mereka menulis. “Dengan infrastruktur domestik dan real estat Tampilkan hanya di kota, kebijakan akan dibatasi sampai menjaga stimulus dalam tempat.”