Saham China merosot di Hong Kong, menyeret indeks acuan ke level terendahnya sejak 21 Juli lalu, Saham perbankan dan produsen energi catat penurunan.

Industri & Commercial Bank of China Ltd, perusahaan pemberi pinjaman terbesar di China, menuju penurunan mingguan ketiga secara beruntun. PetroChina Co, produsen minyak dan gas alam terbesar di China, turun sebanyak 1,2%. Saham Tencent Holdings Ltd memimpin penurunan untuk saham teknologi.

Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,8% ke level 10,553.89 pada 09:46 pagi waktu setempat, mencatat penurunan selama sepekan terakhir sebesar 2%. Indeks tersebut turun sebanyak 7,4% dari tahun ini pada 8 September akibat kekhawatiran pemerintah mengenai stimulus yang akam memacu pertumbuhan ekonomi.

Indeks Hang Seng merosot 0,8%, siap untuk penutupan terendah dalam dua bulan terakhir. Indeks Shanghai Composite turun 0,5%, Memangkas kenaikan pekan ini ke level 0,1%. Indeks CSI 300 perusahaan terbesar di China turun 0,5%.

Indeks Hang Seng China Enterprises telah menurun sebanyak 1,6% tahun ini sampai kemarin dan bernilai 6,8 kali proyeksi laba 12 bulan, sementara Shanghai Composite telah meningkat 11% dan perdagangan sebesar 8,5 kali.

Kemarin Indeks Hang Seng China AH Premium naik menjadi 97,43, merupakan level tertinggi sejak 12 Mei, menandakan seleisih menurun dua saham yang terdaftar di Hong Kong dan Shanghai.(yds)

Sumber: Bloomberg