Indeks saham berjangka China turun di tengah kekhawatiran reli delapan hari untuk indeks acuan mungkin telah berlebihan.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan Oktober, termasuk kontrak paling aktif, kehilangan 0,5% ke 2,466.20 pada pukul 09:20 pagi waktu setempat. Saham PetroChina Co. diprediksi turun setelah minyak mentah berjangka memasuki bear market di tengah kekhawatiran bahwa permintaan melambat. Empat perusahaan termasuk Zhejiang Wansheng Chemicals Co. akan memulai perdagangan hari ini dengan dua perusahaan melantai di bursa Shanghai dan dua perusahaan lain melantai di bursa Shenzhen.

Kemarin, Indeks Shanghai Composite naik 0,3% ke 2,389.37, menuju kenaikan 1,1% dalam akhir pecan ini. 14-hari RSI, yang mengukur seberapa cepat harga telah naik atau turun selama jangka waktu tertentu, telah mencapai 71.1. Angka diatas 70 mengindikasikan harga diprediksi siap untuk jatuh.

Indeks CSI 300 naik 0,1% kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 0,9%. Indeks Hang Seng naik 1,2%. Indeks Bloomberg China-US Equity, indeks perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan di China, turun 1,7% di New York.

Indeks Shanghai telah memperoleh 13% dalam tahun ini terkait spekulasi langkah-langkah reformasi yang akan membendung perlambatan ekonomi dan exchange link dengan Hong Kong dapat memicu arus masuk dana. Indeks ini senilai 8,6 kali 12 bulan proyeksi pendapatan, dibandingkan dengan terendah 7.24 pada bulan Maret, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Volume perdagangan indeks adalah 27% di atas 30-hari rata-rata kemarin.(frk)

Sumber : Bloomberg