Saham-saham Hong Kong jatuh setelah sebuah laporan menunjukkan investasi asing langsung China secara tak terduga merosot pada bulan lalu, menambah serangkaian data buruk dari estimasi.

Saham HSBC Holdings Plc turun 1,1% setelah kompiler dari indeks Hang Seng. Saham China Vanke Co, perusahaan properti terbesarChina daratan, turun 1,4% setelah membukukan hasil dan seiring laporan yang menunjukkan harga rumah baru China di Juli turun di hampir semua kota yang terlusuri pemerintah. China Mobile Limited naik 1,9% karena Nomura Holdings Inc menaikkan target harga pada operator ponsel terbesar di dunia.

Indeks Hang Seng turun 0,5% ke level 24,838.40 pada sesi istirahat perdagangan di Hong Kong, dengan lebih dari dua saham jatuh untuk setiap satu saham yang naik. Indeks saham naik 2,6% pekan lalu, menyentuh sebentar sebesar 25.000 untuk pertama kalinya sejak Mei 2008silam. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun 1% ke level 10,994.67 hari ini.

Sebuah laporan resmi hari ini menunjukkan investasi asing langsung non-finasial di China turun 17 persen menjadi $ 7.8 milyar pada bulan Juli. Analis yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan kenaikan sebesar 0,8%.

Saham properti diikuti harga perumahan turun di 64 dari 70 kota di China daratan bulan lalu dari Juni, Biro Statistik Nasional mengatakan hari ini, yang merupakan terbesar sejak Januari 2011 Silam ketika pemerintah mengubah cara mengkompilasi data.(yds)

Sumber: Bloomberg