Bursa Saham Hong Kong berayun diantara gain dan loss setelah sektor manufaktur China turun untuk pertama kalinya dalam 6 bulan terakhir. Sementara saham-saham Casino pimpn penurunan akibat saham-saham sektor konsumen menguat.

Indeks Hang Seng menguat sebesar 0.1% ke level 24,758.68 pukul 9:35 pagi waktu Hong Kong setelah sebelumnya melemah sebesar 0.2%. Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share turun sebesar 0.2% ke level 10,940.69.

Pekan lalu indeks acuan tersebut mencatat penurunan bulanan pertamanya sejak April lalu setelah reli 6.8% pada Juli lalu. Para investor mengkaji apakah pemerintah akan menambah stimulus ditengah melambatnya pertumbuhan kredit dan harga rumah.

Rilis data pemerintah hari ini menunjukkan aktivitas sektor manufaktur China Agustus lalu turun 51.1, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata sebesar 51.2 pada survei Bloomberg dan 51.7 pada bulan sebelumnya. Hari ini HSBC Holdings Plc dan Markit Economics merilis angka pembacaan akhir PMI setelah angka pembacaan awal berada pada angka 50.3. Angka pembacaan diatas 50 mengindikasikan adanya pertumbuhan. (bgs)

Sumber : Bloomberg