Saham-saham China reli, menyebabkan indeks acuan Hong Kong naik ke level tertingginya sepanjang tahun 2014 ini, terkait spekulasi bahwa pemerintah sedang mengeluarkan kebijakan guna mendukung pasar perumahan.

China Vanke Co., menguat 4.1% dan China Resources Land Ltd. naik 5.2%. Anhui Conch Cement Co. dan Jiangxi Copper Co. pimpin gain untuk saham-saham material di Bursa Hong Kong dan Shanghai. China Cinda Asset Management Co. selama 2 hari ini mencatat penguatan tertinggi dalam 6 bulan terakhir terkait perkiraan bahwa laba kuartal pertama akan melonjak.

Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share menguat 1.9% ke level 10,802.00 pada sesi 1, memangkas penurunan tahun ini sebesar 0.1%. Indeks tersebut telah mengalami rebound sebesar 17% dari level terendahnya pada Maret lalu setelah China menaikkan anggaran belanja pada rel kereta api, mengijinkan kepada beberapa pemerintah lokal untuk melonggarkan kebijakan properti dan pemangkasan rasio cadangan kas bagi bank-bank kecil.

Indeks Hang Seng menguat 0.7% ke level 23,939.47. Indeks Shanghai Composite menguat 0.2% ke level 2,079.29. Indeks CSI 300 naik 0.3%. Indeks Ekuitas AS China Bloomberg, kemarin Indeks saham perusahaan China yang diperdagangkan di AS naik 1.9%. (bgs)

Sumber : Bloomberg