Bursa Hong Kong naik, dengan indeks acuan memperpanjang kenaikan mingguannya, terkait saham perbankan menguat dan saham China Mobile Ltd memimpin gain.

Saham Parkson Retail Group Ltd naik sebesar 12 persen pasca laba pada semester pertama diluar perkiraan. Saham HSBC Holdings Plc, bank terbesar di Eropa, naik sebesar 1,3 persen. Saham China Mobile naik sebesar 5,3 persen pasca menyatakan akan memangkas subsidi peralatan sebesar $ 2 milyar. Zoomlion Heavy Industry Science & Technology Co, pembuat mesin konstruksi, diskors dari perdagangan hari ini sambil menunggu pengumuman yang berkaitan dengan informasi internal mereka.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,7 persen ke level 24,977.12 pada istirahat perdagangan siang ini di Hong Kong, menuju kenaikan sebesar 2,7 persen pekan ini. Volume hari ini sebesar 18 persen lebih rendah dari RSI 30-hari intraday. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, naik sebesar 0,5 persen ke level 11,128.23.

Acuan indeks H-share naik sebesar 20 persen dari level terendahnya di tahun ini pada bulan Maret kemarin dan akan ditransaksikan sebanyak 7,7 kali dari perkiraan laba dibandingkan dengan 11,5 untuk Indeks Hang Seng dan 16,4 pada indeks Standard & Poor 500. Data China pada kredit baru untuk output industri dirilis pekan ini lebih lemah dari yang diharapkan, meningkatkan spekulasidari para pembuat otoritas akan menaikan stimulus untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Sumber: Bloomberg