Saham-saham China naik ke level 15 bulan tertingginya terkait volume perdagangan melonjak pasca rilis data menunjukkan industri jasa China diperluas bulan lalu.

Saham China Vanke Co dan saham Poly Real Estate Group Co, perusahaan pengembang terbesar, naik sebesar 1,4 persen. saham Industrial Bank Co menguat sebesar 1,2 persen setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah untuk menjual saham preferen. Perusahaan Pembuat minuman keras Kweichow Moutai Co melonjak sebesar 1,9 persen untuk memperpanjang kenaikan bagi produsen konsumen staples. Indeks non-manufaktur manajer pembelian naik menjadi 54,4 pada bulan Agustus dari sebelumnya 54,2 pada bulan Juli lalu, sementara survei dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada dilevel tertingginya sejak Maret 2013 lalu.

Indeks Shanghai Composite naik untuk hari keempat, menambah 1 persen ke level 2,288.06 pukul 10:25 waktu China, level tertingginya sejak 5 Juni 2013 lalu. Indeks Hang Seng China Enterprises menguat sebesar 2,1 persen, dengan asuransi dan penambang batu bara memberikan kontribusi keuntungan. Pada sektor jasa bolsters mengalami rebound terkait optimisme pemerintah berhasil dalam pergeseran ekonomi dari ekspor dan investasi terhadap konsumsi domestik.

Indeks CSI 300 naik sebesar 0,6 persen ke level 2,401.35. Volume perdagangan di indeks Shanghai sebesar 40 persen di atas rata-rata 30-hari. Indeks Bloomberg China-US Equity menguat sebesar 0,6 persen. (knc)

Sumber : Bloomberg