Saham AS melonjak diikuti dolar dan Treasuries jatuh ditengah laporan laba perusahaan yang lebih baik dari perkiraan dan data sinyal ekonomi lebih kuat dari China sampai Eropa. Tembaga dan minyak juga mengalami penguatan.

Indeks Standard & Poor 500 naik 1,4% pada 12:15 siang di New York, mencatat reli dari level terendah sebelumnya pada 15 Oktober sebesar 5%. Saham Caterpillar Inc melonjak 4,8% setelah laba mengalahkan perkiraan para analis. Treasury yields dengan tenor 10 tahun naik tujuh basis poin menjadi 2,28%. Sementara itu mata uang Jepang melemah terhadap dolar untuk hari keenamnya. Tembaga naik 0,9%. Minyak mentah menguat 1,7% pasca para analis yang mengetahui mengenai kebijakan minyak Arab Saudi mengatakan bahwa Negara kerajaan tersebut memangkas pasokan minyak pada bulan September.

Sedikitnya jumlah warga Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran selama bulan lalu dalam 14 tahun terakhir, sementara indikator ekonomi September naik 0,8%. Laba dari Caterpillar sampai 3M Co melampaui estimasi analis. Sementara data terpisah menunjukkan manufaktur di zona euro tak terduga dihidupkan kembali pada bulan Oktober sementara Indeks kegiatan pabrik China mencatat kenaikan yang melebihi estimasi analis.(yds)

Sumber: Bloomberg