Bursa Saham AS menguat dengan ekuitas Eropa terkait kenaikan pada aktivitas pengambil alihan dan rilis laba Citigroup Inc.. Sementara itu obligasi Treasury AS dan emas menurun. Obligasi Portugal naik.

Indeks Standard & Poor 500 menguat 0.5% ke level 1,977.11 pukul 4 sore waktu New York, rebound dari penurunan mingguan tertajamnya sejak April lalu. Saham Citigroup melonjak 3% setelah merilis laporan laba yang melampaui estimasi sebelumnya. Goldman Sachs Group Inc. mendorong target akhir tahunnya bagi acuan ekuitas AS di level 2,050. Imbal hasil obligasi Treasury AS dengan tenor 10 tahun naik 3 basis poin sebesar 2.54 %. Sementara imbal hasil obligasi Portugal dengan tenor 10 tahun mencatat gain 2 hari tertinggi dalam sebulan terakhir. Emas mencatat penurunan tajam dalam hampir 7 bulan terakhir.

Saham Citigroup naik setelah pendapatan naik melampaui dari perkiraan sebelumnya dan turunnya biaya kredit telah membantu laba kuartal kedua naik melampaui dari perkiraan analis sebelumnya dan perusahan tersebut menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan hipotek.

Pekan ini perusahaan seperti Goldman Sachs Group Inc., Intel Corp. dan Johnson & Johnson akan merilis labanya. Shire menyetujui rekomendasi tawaran terakhir dari AbbVie Inc. kepada para pemegang sahamanya, sementara Abbot Laboratories menyatakan akan menjual bisnis obat generiknya.

Presiden ECB (European Central Bank) Mario Draghi memberikan testimoni dihadapan para parlemen di Strasbourg setelah mengumumkan paket kebijakan bulan lalu guna menopang perekonomian. Sementara besok Ketua Federal Reserve Janet Yellen akan memberikan testimoni dihadapan Kongres. (bgs)

Sumber : Bloomberg