Indeks Topix Jepang naik, dengan perusahaan konstruksi dan penjelajah energi terkemuka mengalami kenaikan, setelah saham AS reliterkait penawaran dan laporan pendapatan.

Saham Tekken Corp., pembangun rel kereta api, naik 25 persen sementara perusahaan penjelajah energi Inpex Corp. naik 1,1 persen. Saham Sumitomo Electric Industries Ltd, produsen kabel listrik dan kabel, naik 1,2 persen setelah menaikkan perkiraan keuntungannya. Saham Sharp Corp. naik 1,9 persen setelah peringkat sahamnyanaik di unit Merrill Lynch dari Bank America Corp ‘s.

Indeks Topix naik 0,3 persen menjadi 1,277.14 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan semua kecuali empat dari 33 kelompok industri mengalami kenaikan. Volume perdagangan sekitar 5,5 persen di atas rata-rata 30-hari intraday. Nikkei 225 Stock Average naik 0,2 persen menjadi 15,409.35.

Indeks S&P 500 naik 0,4 persen kemarin dan Dow Jones Industrial Average mencapai rekor setelahkenaikan pada perusahaan dari Time Warner Inc.hingga Intel Corp. Produksi industri AS naik pada bulan lalu untuk membatasi kuartal terkuat dalam hampir empat tahun terakhir, menurut laporan. Kontrak pada indeks S&P 500 tergelincir 0,2 persen hari ini.(frk)

Sumber: Bloomberg