Saham-saham Hong Kong menguat, dengan indeks acuan naik setelah mengakhiri penurunan mingguan terbesar sejak Mei, pasca saham perusahaan telekomunikasi melonjak.

 

Saham China Unicom (Hong Kong) Ltd. meningkat 3,4 persen terkait spekulasi akan mendapatkan keuntungan dari usaha patungan menara seluler dengan operator seluler besar negara lain. Saham Tencent Holdings Ltd memberikan dorongan terbesar kedua untuk indeks Hang Seng, dengan saham perusahaan internet terbesar di Asia tersebut naik 1,2 persen setelah turun 2,8 persen minggu lalu. Saham BYD Co, pembuat mobil listrik, naik 3,7 persen setelah pemerintah China mengeluarkan mandat terkait kendaraan pemerintahan akan menggunakan energy terbarukan.

 

Indeks Hang Seng naik 0,4 persen menjadi 23,320.83 pada istirahat perdagangan di Hong Kong setelah merosot 1,3 persen pekan lalu. Indeks Hang Seng China Enterprises, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, naik 0,4 persen hari ini ke 10,422.47.

 

Indeks Hang Seng turun 0,3 persen tahun ini sampai minggu lalu, memangkas kerugian atas tanda-tanda mulai stabilnya perekonomian setelah pemerintah China meluncurkan stimulus yang ditargetkan termasuk pemotongan rasio cadangan. Indeks tersebut diperdagangkan pada 10,8 kali estimasi laba pada penutupan lalu, dibandingkan dengan 7,2 untuk indeks H-share dan 16,6 untuk indeks Standard & Poor 500.

 

Pemerintah China mungkin akan melonggarkan pinjaman pada semester kedua tahun ini, China Securities Journal melaporkan, mengutip perkiraan oleh analis industri. Laporan kredit baru pada bulan Juni mungkin akan dirilis segera hari ini, sedangkan data penjualan ritel, produksi industri dan pertumbuhan kuartal kedua akan dirilis akhir pekan ini.(frk)

 

Sumber : Bloomberg