PT KONTAK PERKASA – Bursa saham Eropa berhasil bangkit pada perdagangan Rabu (19/12/2018) didorong penguatan di sebagian sektor di tengah tumbuhnya spekulasi bahwa Federal Reserve Amerika Serikat (AS) akan mengisyaratkan sikap dovish terhadap kebijakan moneternya.

Indeks saham Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,3% setelah empat hari beruntun tertekan melemah, sebagian besar akibat meningkatnya kekhawatiran seputar melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Pelaku pasar memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya dalam pertemuan yang berakhir Rabu (19/12) waktu setempat. Namun, sebagian juga mengantisipasi bank sentral AS tersebut akan mengindikasikan laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya pada 2019.

“Meski data secara keseluruhan tetap solid, volatilitas pasar keuangan, ekspektasi inflasi yang menurun, dan tanda-tanda pertumbuhan yang melambat kemungkinan akan menghasilkan kenaikan yang dovish pada Desember,” kata analis BNP Paribas dalam risetnya, seperti dilansir Reuters.

Kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan di China dan Eropa terpapar dengan keputusan FedEx untuk memangkas proyeksi 2019-nya.

Pergerakan tersebut membawa gejolak di seluruh perusahaan pengiriman paket di Eropa, dengan saham Deutsche Post meluncur 4,2% dan saham Royal Mail turun 2,4%.

Di sisi lain, saham bank-bank Italia melonjak 2,1% setelah Komisi Eropa mencapai kesepakatan dengan Italia seputar anggaran untuk 2019.

Akibatnya, bursa Milan mendorong bursa saham Eropa dengan kenaikan 1,6%. Adapun penguatan di bursa Paris dan Frankfurt tampak lebih terbatas, masing-masing dengan kenaikan 0,5% dan 0,2%.

Sebaliknya, saham bank asal Prancis Natixis merosot 6,3% setelah membukukan kerugian senilai 260 juta euro dan ketentuan pada derivatif Asia.

Sementara itu, saham pemberi pinjaman asal Austria Erste Bank dan Raiffeisen Bank turun 6,7% dan 4,6% masing-masing, ketika para analis berpendapat bahwa kinerja keuangan mereka akan terpukul rencana yang diumumkan Romania untuk memperkenalkan pajak baru mengenai perbankan.

Ada kenaikan yang kuat di sektor farmasi dengan saham GlaxoSmithKline naik 3,8% setelah mengumumkan usaha patungan dengan divisi kesehatan konsumen Pfizer dan mengungkapkan rencana untuk split menjadi dua bisnis.

PT KONTAK PERKASA