Bursa saham Asia jatuh menjelang rilis data perdagangan China setelah minyak anjlok ke posisi terendah dalam enam tahun terakhir, membebani produsen energi dan mengirim BHP Billiton Ltd. ke posisi terendah dalam 10 tahun.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3% menjadi 131,79 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, dengan perusahaan energi dan material memimpin penurunan di antara indeks 10 kelompok industri terkemuka. Indeks tersebut berada di jalur untuk penurunan tahun ini sebesar 4,4%, kerugian tahunan back-to-back pertama sejak tahun 2002, setelah penurunan 24% dalam Indeks Komoditas Bloomberg pada tahun 2015 membebani produsen sumber daya dan melambatnya pertumbuhan ekonomi China. Minyak mentah AS merosot melewati $ 38 per barel ke level terendah sejak tahun 2009 setelah OPEC meninggalkan strategi pembatasan produksi.

Ekspor China untuk bulan November kemungkinan turun 5% dari tahun sebelumnya, menurut perkiraan rata-rata dari survei Bloomberg sebelum laporan yang dirilis pada hari Selasa. Dibandingkan dengan penurunan 6,9% pada bulan sebelumnya.(frk)

Sumber: Bloomberg