Saham Asia sedikit berubah pagi ini setelah valuasi pada indeks acuan regional naik ke level tertinggi dalam tahun ini.

 

Indeks MSCI Asia Pacific turun kurang dari 0,1 persen menjadi 148,61 pada pukul 09:02 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham di Hong Kong dan China dibuka. Gain dalam dua minggu terakhir mendorong rasio harga-pendapatan pada indeks ke angka 13,7 kemarin, tertinggi sejak bulan Desember, setelah meredanya kekhawatiran tentang konflik di Irak, Israel dan Ukraina. Indeks Standard & Poor 500 naik 0,5 persen ke rekornya kemarin, menyentuh level 2.000 untuk pertama kalinya.

 

Indeks Topix Jepang sedikit berubah dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia dan Indeks NZX 50 Selandia Baru keduanya naik 0,1 persen. Kontrak pada S&P 500 sedikit berubah.

 

Data kemarin menunjukkan laju penjualan rumah baru di AS turun ke level terendah dalam empat bulan pada bulan Juli. Sektor perumahan telah naik dalam penyesuaian dan mulai tahun ini, diterpa oleh pengetatan kredit dan pertumbuhan upah yang lambat. Ketua Federal Reserve Janet Yellen pada pekan lalu mengisyaratkan bahwa sementara pelemahan tetap di pasar tenaga kerja AS, suku bunga bisa dinaikkan lebih cepat dari yang diharapkan.(frk)

 

Sumber : Bloomberg