Saham Asia menguat pagi ini setelah kepercayaan pada industri perumahan AS naik ke level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir dan meredanya ketegangan atas konflik politik global.

 

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3 persen ke level 148,42 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham Hong Kong dan Cina di buka. Indeks tersebut naik 2,7 persen pada pekan lalu, yang merupakan kenaikan terbesar dalam empat bulan, setelah meredanya kekhawatiran atas konflik global dari Ukraina, Gaza serta Irak. Indeks sentimen homebuilder AS kemarin menunjukkan bahwa kepercayaan meningkat pada bulan Agustus, menunjukkan sektor industri ini membuat lebih banyak kemajuan setelah Federal Reserve mengamati data ekonomi untuk membantu mengukur penyesuaian stimulus moneter.

 

Indeks Topix Jepang dan indeks Kospi Korea Selatan keduanya naik 0,6 persen. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 0,1 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru menambahkan 0,6 persen.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 menguat 0,1 persen hari ini setelah indeks tersebut naik 0,9 persen kemarin. Indeks saham S&P dari homebuilders AS menguat 2,1 persen ke level tertinggi dalam tiga minggu.

 

Indeks Hong Kong Hang Seng naik 0,1 persen di sebagian besar perdagangan terakhir, sementara kontrak pada indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,2 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity dari saham perusahaan China yang paling diperdagangkan di New York melonjak 1,3 persen, dipimpin oleh kenaikan 5,1 persen oleh 58.Com Inc.(frk)

 

Sumber : Bloomberg