Saham-saham AS menguat, sementara emas melemah setelah data menunjukkan ekonomi AS berkembang lebih dari perkiraan. Treasury naik dengan bunddikarenakan pertumbuhan harga Jerman secara tak terduga melambat, menambah kekhawatiran deflasi.
Indeks S&P 500 naik 0,4% pada pukul 12:34 siang di New York. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,9% karena Visa Inc. mengalami reli setelah pelaporan hasil. Yield Treasury dengan tenor 10-tahun turun tiga basis poin menjadi 2,29%, sedangkan rate serupa note Jerman meluncur enam basis poin menjadi 0,84 %. Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3% untuk menghentikan penurunan sebelumnya. Emas turun di bawah $ 1.200 per ons sementara perak turun ke level terendah 55-bulan. Rubel mengalami lonjakan terbesar sejak setidaknya 2003 terhadap dolar.
Perekonomian di AS diperluas lebih dari perkiraan pada kuartal ketiga, mencatat enam bulan terkuat dalam lebih dari satu dekade, sedangkan data terpisah menunjukkan lebih sedikit orang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran selama bulan lalu dari pada setiap saat dalam lebih dari 14 tahun. Penurunan tak terduga dalam inflasi Jerman pada bulan lalu menambah kekhawatiran baru bahwa Eropa akan tergelincir ke dalam resesi seperti berakhirnya pembelian obligasi oleh The Fed. Kekhawatiran serupa menghantarkan indeks S&P 500 turun 7,4% dari semua waktu tertinggi pada pertengahan bulan September.(frk)
Sumber : Bloomberg