Saham Bombay Exchange (BSE), pasar keuangan (bursa) terbesar kedua di India, mengalami gagal system selama perdagangan kamis pagi tadi karena terjadi masalah jaringan komputer.

“Karena terjadi masalah jaringan, BSE telah memutuskan untuk menutup semua pasar hari ini,” kata juru bicara Yatin Padia dalam sebuah pesan kepada AFP, setelah perdagangan dihentikan segera sebelum pukul 10:00 pagi waktu setempat (04.30 GMT).

Padia mengatakan bahwa kini para teknisi tengah bekerja untuk menyelesaikan masalah, setelah itu pasar akan me-restart ulang sistem.

BSE juga mengalami kesalahan teknis pada bulan lalu, yang menyebabkan real-time data feed kosong selama hampir satu jam dan penawaran terpaksa menggunakan harga dari bursa saingan, kata para pedagang.

Sensex, indeks saham terkemuka untuk saham-saham India di BSE, berakhir pada level tertinggi hari Rabu kemarin di tengah harapan bahwa pemerintah yang baru terpilih akan mengumumkan reformasi untuk menghidupkan kembali perekonomian dalam anggaran pertama mereka minggu depan. (knc)

Sumber: AFP