Indeks berjangka Asia dibuka mixed di tengah aksi jual dalam saham teknologi dan small-cap AS setelah investor menilai penurunan tak terduga dalam output pabrikan Amerika jelang keputusan suku bunga oleh Federal Reserve. Minyak mentah terkoreksi.

Kontrak pada Nikkei 225 Stock Average di Jepang, di mana pasar saham kembali dibuka setelah liburan, turun di Osaka dan naik di Chicago, sementara kontrak pada indeks S&P/ASX 200 di Sydney sedikit berubah. Indeks berjangka Nasdaq 100 naik kurang dari 0,1% pada pukul 07:26 pagi di Tokyo setelah indeks saham teknologi dan Indeks Russell 2000 merosot setidaknya 1 persen dalam Treasuries AS yang mengakhiri kemerosotan terpanjang dalam lebih dari satu tahun. Minyak di New York turun 0,2% setelah kemarin naik.

Para pejabat The Fed akan bertemu besok di tengah spekulasi atas timeline kenaikan suku bunga AS. Data kemarin menunjukkan produksi industri di Amerika melemah untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada bulan Agustus, sementara manufaktur regional melampaui estimasi. Saham China Alibaba Group Holding Ltd meningkatkan indeks penjualan saham perdana di AS, di tengah permintaan yang kuat. Risalah dari pertemuan terakhir bank sentral Australia akan dirilis hari ini dan Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda akan berbicara di Osaka.(frk)

Sumber : Bloomberg