KONTAK PERKASA FUTURES – Investasi trading berjangka memiliki beragam jenis pembiayaan yang jumlahnya tidak sedikit, dan itu belum termasuk dana untuk modal investasinya saja. Pialang berjangka membebankan beberapa jenis dana tambahan kepada para investor, walaupun jumlah yang ditetapkan bisa jadi berbeda-beda tergantung standar perusahaannya serta berapa standar yang diminta dari perusahaan tersebut agar investor bisa melakukan investasi. Selain itu, ada juga komisi yang dipotong untuk pialang dan perusahaan tersebut.

Banyaknya biaya yang dibebankan kepada investor membuat Anda harus berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk menggunakan uang untuk berinvestasi. Dana yang digunakan sebaiknya tidak berasal dari dana darurat, dana yang disimpan untuk keperluan penting seperti biaya kesehatan dan pendidikan, dan sebagainya. Dana yang digunakan harus murni dana untuk investasi, untuk mengantisipasi kerugian dan jumlah pembiayaan yang besar.

Jenis-jenis dana yang akan dituntut dari Anda bermacam-macam. Mulai dari yang esensial seperti dana untuk modal dan komisi, serta dana yang sifatnya tersembunyi namun tetap ada untuk mendukung proses investasi tersebut. Jumlah yang lumayan besar ini nantinya yang akan digunakan untuk berusaha mendapat keuntungan yang jauh lebih besar daripada modalnya, yang disebut leverage.Berikut adalah beberapa jenis dana yang digunakan dalam investasi bersama perusahaan pialang berjangka.

 

Biaya untuk Modal

Dalam investasi trading berjangka, modal yang Anda keluarkan pertama kali adalah juga syarat untuk membuka rekening demi bisa melakukan investasi di perusahaan broker berjangka. Syarat jumlah uang untuk modal pertama ini jumlahnya bisa bervariasi tergantung ketentuan dari perusahaan broker berjangka tersebut. Ada yang mensyaratkan minimal $100 atau sekitar 1 juta rupiah, ada yang $300 atau sekitar 3 juta rupiah, dan ada yang maksimumnya bisa sampai $10,00 alias 100 juta rupiah. Biasanya, perusahaan pialang berjangka lokal memberikan pilihan antara mau trading dengan rupiah atau dengan dolar.

Jika Anda mulai dengan perusahaan broker berjangka asing, mungkin dana yang diminta untuk modal awal bisa sejumlah $500, $1,000, $5,000 sampai $10,000. Jadi, ini tergantung kemampuan Anda sendiri (sekali lagi, pastikan perusahaan tersebut beroperasi dengan cara yang benar).

 

Biaya untuk Komisi

Jika Anda bertransaksi sebagai investor di perusahaan pialang berjangka, berarti Anda juga akan harus memberikan komisi kepada si wakil pialang berjangka. Komisi ini dipotong dari hasil transaksi yang Anda lakukan dan dihitung dari volumenya. Biasanya, jumlah komisi yang wajib dibebankan ke Anda akan dijelaskan di awal (atau Anda bisa menanyakannya). Jangan terjebak dengan perusahaan yang menjanjikan bahwa Anda hanya akan harus membayar komisi kecil, karena tidak semua yang menawarkan janji seperti itu bereputasi baik.

 

Biaya Tersembunyi untuk Pengelolaan Bisnis dan Investasi

Saat Anda menanamkan uang untuk modal bisnis trading, ada berbagai pembiayaan yang terlibat dalam pengelolaan modal tersebut oleh perusahaan pialang berjangka sehingga walaupun mungkin Anda tidak mendapat rinciannya. Semua pembiayaan itu termasuk pembiayaan wajib dan normal dikeluarkan sehingga biasanya tak perlu dibuat rinci. Anda boleh saja meminta rinciannya jika ingin, namun biaya-biaya seperti ini tak perlu dibuat pusing karena memang standarnya begitu.

Biaya-biaya tersebut antara lain biaya untuk memelihara rekening investasi Anda agar tetap aktif, biaya untuk mengaktifkan rekening Anda pada saat Anda mulai bergabung sebagai investor, biaya dari suku bunga yang berlaku dan sebagainya.Jadi, mengetahui besarnya biaya dalam investasi bersama pialang berjangka sangat penting, sehingga Anda bisa mengelola dana investasi Anda dengan lebih baik dan tidak ceroboh.