bahkan di dunia terkenal di Asia wealth management, Berita pembelotan massa di RBS Coutts, mulia bankir royals Inggris, datang sebagai kejutan.

Lender babak belur oleh krisis keuangan berjuang untuk veteran Asia yang bisa membawa rekening menguntungkan peringkat tumbuh di wilayah jutawan, dan Coutts rainmaker, Hanspeter Brunner, telah melompat kapal dengan rekan-rekan 70 mengejutkan. Tujuan mereka: BSI SA, bank Swiss kecil yang mencari untuk mendapatkan besar tergesa-gesa.

Kudeta itu di 2009 berangkat rantai peristiwa yang sekarang dorong BSI ke pusat pelebaran skandal keuangan yang melibatkan 1Malaysia pengembangan Bhd. Urusan 1MDB telah memanjang dari Malaysia ke Singapura, Abu Dhabi, Swiss, Karibia, Hong Kong dan AS dan menyentuh bagian hulu dari keuangan global.

Tapi tidak ada bank telah ditarik lebih pengawasan daripada BSI dan operasi di Singapura, dimana beberapa terhubung baik bankir yang sekarang sedang diselidiki. Wawancara dan dokumen-dokumen pengadilan menceritakan sebuah kisah bergegas transaksi, pengawasan lax, juta dolar bonus dan jumlah besar yang disalurkan ke dana lepas pantai pantai jelas dengan beberapa pertanyaan yang diajukan. Penyelidikan yang ditetapkan untuk menambahkan satu potongan lain teka-teki ke dalam apa yang terjadi pada 1MDB hilang miliaran.

Link pertama dalam rantai adalah Yak Yew Chee, salah satu band pemberontak yang membelot dengan Brunner dari Coutts, dan orang yang membawa BSI dan 1MDB bersama-sama. Yak, 57, telah berlangsung lama hubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam dana negara bagian Malaysia, yang didirikan tahun yang sama Brunner meninggalkan Coutts dan ditugaskan oleh Perdana Menteri Najib Razak untuk menjadi “berani dan berani.”