PT Kontak Perkasa Futures -sudah kurang dari dua tahun sejak Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak tertawa dan bercakap-cakap selama putaran Golf seperti mereka berdua holidayed di Hawaii.

Sejak saat itu para pemimpin telah menempa hubungan yang didasarkan pada hubungan perdagangan, kepentingan bersama dalam memerangi terorisme dan tingkat kewaspadaan tentang ekspansi militer Cina di Asia Tenggara. Malaysia sebagai negara Islam sekuler memainkan peran kunci dalam mendorong kembali terhadap ekstrimisme di region.

Obama berbicara hangat dari Najib selama kunjungan ke Malaysia pada bulan April tahun 2014, berterima kasih kepada dia untuk kemitraan, untuk visi Anda untuk bangsa-bangsa apa yang kami dapat mencapai bersama-sama, tidak hanya untuk kedua masyarakat, tetapi untuk perdamaian dan kemakmuran di wilayah ini seluruh.

Situasi baru saja menjadi lebih rumit.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat tawaran untuk merebut $1 miliar terkait dengan dugaan uang pencucian melibatkan dana negara bagian Malaysia yang dikenal sebagai 1MDB adalah tindakan tunggal terbesar yang dibawa oleh inisiatif pemulihan aset kleptokrasi berusia enam tahun. Pengajuan sipil menyatakan penyalahgunaan $3.5 milyar lebih luas dari 1Malaysia pengembangan Bhd, Dewan Penasehat yang dipimpin oleh Najib sampai saat ini.

Penyelidikan ini menempatkan Obama administrasi dalam posisi yang sangat sulit,kata Bridget Welsh, seorang profesor ilmu politik yang mengkhususkan diri dalam Malaysia di Ipek University, Turki. Najib akan memiliki untuk menjauhkan diri dari Amerika Serikat dan melakukan bahwa aku akan mengharapkan dia untuk menuduh AS konspirasi,” katanya. “Dia perlu melakukan sesuatu untuk akar rumput di Malaysia.

Menteri luar negeri Malaysia Anifah Aman bertemu Duta besar AS Joseph Yun pada hari Kamis dan mencatat negara masih belum menerima permintaan apapun dari AS untuk informasi atau bukti untuk pengajuan.

  Malaysia sangat menghargai hubungan bilateral dengan Amerika Serikat dan panggilan di AS untuk mengenali berbagai langkah yang diambil oleh pemerintah Malaysia untuk mengatasi masalah 1MDB,Departemen mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pengajuan nama coterie Malaysia berpengaruh, termasuk anak tiri Najib’s Riza Aziz. Mereka merujuk kepada orang lain oleh sejumlah saja, termasuk pejabat Malaysia tidak disebutkan namanya yang dikendalikan account yang menerima ratusan jutaan dolar. Bahwa Deskripsi cocok Najib, yang mengakui hampir $700 juta pergi ke rekening banknya sebelum pemilihan umum 2013.

pemerintah Malaysia telah berjanji untuk bekerja sama dengan penyelidikan sah, dan Najib dibersihkan dari kesalahan dalam negeri lebih dari uang yang menurutnya adalah sumbangan pribadi dari keluarga kerajaan Saudi.

Tapi probe AS. risiko membayangi ikatan yang telah berevolusi di serangkaian pertemuan di AS dan Malaysia–terakhir di California pada bulan Februari. Kedua pemimpin juga memiliki berpose untuk wefie pada media sosial.

Di bawah Obama, AS telah mendorong untuk lebih dekat kemitraan dengan negara-negara mayoritas Muslim, termasuk Malaysia. Dia membuat kunjungan pertama oleh duduk Presiden AS ke Malaysia di hampir 50 tahun pada tahun 2014. AS telah bergantung pada Malaysia sebagai jembatan untuk negara-negara Muslim di Timur Tengah, dan dengan lebih dari $46 miliar dalam perdagangan tahunan, Malaysia sekarang US mitra dagang terbesar 19.

Malaysia juga merupakan salah satu negara-negara anggota 12 dalam pimpinan Trans-Pasifik kemitraan, perjanjian dagang yang akan menutupi sekitar 40 persen dari ekonomi global dan yang saat ini tidak termasuk Cina. PT Kontak Perkasa Futures