Saham-saham Hong Kong jatuh ke level terendah dua bulan, dolar HK turun dan volatilitas pasar ekuitas melonjak di tengah sikap keras pihak kepolisian terhadap para demonstran sejak kota tersebut kembali ke pemerintahan China.

Indeks acuan Hang Seng tenggelam 1,3 % pada pukul 09:50 pagi di Hong Kong ke level intraday terendah sejak 18 Juli yang lalu setelah saham pengembang dan peritel jatuh. Indeks MSCI Hong Kong menuju penurunan terbesar dalam setahun, sementara indeks saham volatilitas melonjak 15 %, siap untuk lonjakan terbesar sejak bulan Februari. Dolar HK turun 0,03 % ke level HK $ 7,7602 per dolar.

Ribuan demonstran pro-demokrasi melumpuhkan sebagian Hong Kong pagi ini, memblokir jalan-jalan di kawasan pusat bisnis setelah bentrokan akhir pekan lalu di mana polisi menembakkan gas air mata dan menyemprotan merica. Bentrokan tersebut menambah kekhawatiran terhadap penurunan penjualan ritel dan kenaikan suku bunga AS yang memicu penurunan 6,5 % dalam indeks Hang Seng dari level tertinggi tahun ini pada 3 September hingga pekan lalu.

Setelah fajar menyingsing, kerumunan massa terus memblokade jalan menuju jantung pusat keuangan dan mengepung pusat pemerintah. Protes Baru bermunculan semalam di distrik perbelanjaan Causeway Bay dan Mongkok, dengan ratusan demonstran duduk di jalan dan mendirikan barikade. BNP Paribas Investment Partners berencana untuk memindahkan staff ke sebuah lokasi di Kowloon, 15 menit perjalanan feri ke utara melintasi pelabuhan dari distrik keuangan di pulau Hong Kong.(frk)

Sumber : Bloomberg