Saham Eropa mawar, setelah posting mingguan drop mereka pertama dalam empat, sebagai produsen energi dan komoditas lanjutan.

Rio Tinto Group dan BHP Billiton Ltd memimpin ukuran dari perusahaan pertambangan untuk performa terbaik dari kelompok industri 19 Stoxx Eropa 600 indeks sebagai komoditas melonjak. BP Plc yang mendorong saham minyak yang lebih tinggi sebagai kasar rebounded.

Stoxx 600 ditambahkan 0,2 persen ke 341.83 pukul 8:44 di London. Inggris FTSE 100 indeks naik paling antara pasar Eropa Barat utama, mendapatkan 0,8 persen, sebagai penambang melompat dan pound melemah setelah jajak pendapat menunjukkan lebih Briton mendukung keluar Uni Eropa.

Eropa berbagi keuntungan terhenti minggu di tengah kebangkitan kekhawatiran tentang pertumbuhan global, dan sebagai investor mempertimbangkan implikasi dari mengecewakan US pekerjaan data yang meragukan pada kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan lintasan suku bunga.

Federal Reserve akan mengumumkan keputusannya tingkat berikutnya pada tanggal 15 Juni. Pedagang adalah harga sekarang dalam kesempatan 4 persen peningkatan bulan ini–turun dari 22 persen sebelum data pekerjaan pada hari Jumat – dan probabilitas 27 persen pada bulan Juli.

Antara saham bergerak pada berita perusahaan hari ini, NV industri CNH memperoleh 3,7 persen setelah itu telah ditambahkan ke daftar keyakinan Goldman Sachs Group Inc. Indivior PLC jatuh 9.2 persen setelah Bank of America Merrill Lynch memotong rating pada perusahaan farmasi netral dari membeli.