PT Kontal Perkasa Futures | Pendidikan adalah modal penting untuk mengejar apapun yang diinginkan dalam hidup. Tetapi bukan berarti orang tanpa pendidikan tinggi tidak bisa meraih kesuksesan. Pada kenyataannya, ada begitu banyak orang yang jadi ‘besar’ walaupun mereka tidak mengantongi gelar sarjana.

Kamu bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan terlebih dahulu atau langsung terjun ke lapangan untuk mengejar impian setelah lulus dari bangku sekolah. Jika kamu memilih yang terakhir, lakukan hal-hal di bawah ini demi memastikan ambisimu bukan sekedar mimpi yang tidak bisa diraih.

Bangun pemikiran bahwa kamu pasti sukses

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan di dalam pikiran bahwa kamu pasti akan sukses. Optimisme semacam ini adalah mantra ajaib untuk mengindoktrinasi diri sendiri. Dan percayalah, banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa pemikiran optimis menciptakan perbedaan besar dalam menggapai kesuksesan.

Tentukan apa yang kamu inginkan

Tak masalah jika perguruan tinggi tidak menjadi prioritas utamamu. Tetapi pastikan kamu tahu apa yang ingin kamu capai di masa depan.

Mulailah dengan gambaran besarnya. Kamu ingin menjadi apa? Apa yang kamu inginkan, kemudian cari tahu bagaimana cara mencapainya? Langkah selanjutnya adalah hal yang paling dekat untuk dilakukan. Langkah konkret apa yang akan kamu ambil saat ini untuk mencapainya?

Membuka pikiran terhadap berbagai informasi

Jika kamu masih belum tahu apa yang ingin kamu lakukan atau lakukan, jangan berpangku tangan. Buka mata, telinga, dan pikiran terhadap banyak hal di sekitarmu. Serap informasi kapan saja dan di mana saja, karena inspirasi bisa datang dari mana saja.

BACA JUGA : IHSG Diprediksi berada di Zona Hijau

Selalu belajar sesuatu yang baru

Bagus juga kalau kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru saat mencoba mencari tahu apa tujuan masa depanmu. Tidak ada pengetahuan yang tidak berguna. Suatu hari, bahkan keterampilan yang paling sepele pun akan membantumu mencapai tujuan.

Membangun jaringan yang positif

Cobalah untuk membangun jaringan sosial yang produktif. Ikuti orang-orang produktif dan belajarlah dari mereka untuk menemukan inspirasi. Temui orang-orang yang positif agar kamu mendapatkan suntikan semangat saat sedang merasa putus asa. Temukan orang yang bisa memotivasimu dalam berbagai aspek atau orang-orang yang bisa membuka ‘jalan’ untukmu.

Jadilah yang pertama, jadilah yang terbaik, atau jadilah berbeda

Jika kamu ingin memulai sesuatu dan ingin menonjol, kamu harus menjadi yang terdepan di bidang tersebut. Jadilah orang yang pertama yang melakukannya. Jika tidak bisa, cobalah untuk menjadi yang terbaik. Jika tidak bisa juga, jadilah yang paling berbeda dengan menawarkan ide-ide baru.

Jangan terlalu takut dengan risiko

Itulah yang sering dilakukan orang dengan pendidikan tinggi. Mereka memiliki terlalu banyak teori dan sedikit pengalaman untuk memulai. Sebagai orang yang tidak dibekali pendidikan formal, kesempatanmu berasal dari keberanianmu untuk mengambil risiko. Ini akan menjadi keuntunganmu, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Tentu saja kamu akan menghadapi kesulitan dan kegagalan berkali-kali. Tetapi siapa pun yang berusaha mencapai sesuatu, berpendidikan atau tidak, akan menghadapi hal yang sama.

Jangan berhenti pada satu keberhasilan saja

Ikuti contoh Bob Sadino dalam mencapai kesuksesan. Jika kamu sudah mendapatkan kesuksesan, jangan berhenti di situ saja. Temukan mimpi baru yang lebih tinggi, hancurkan kemapananmu, dan mulailah lagi. Kamu tidak datang sejauh ini hanya untuk sampai sejauh ini.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu lakukan jika ingin sukses tanpa pendidikan tinggi. Temukan mimpimu sekarang dan mulailah untuk meraihnya sekarang juga.

PT Kontal Perkasa Futures