Kontak Perkasa Futures  | Sedari memiliki penghasilan, anak muda perlu memikirkan kebutuhan hari depan. Strategi tepat menyiapkan kebutuhan masa depan adalah dengan berinvestasi. Inilah pilihan investasi terbaik bagi anak muda.

Usia muda dan telah memiliki penghasilan yang lumayan, rasanya pasti menyenangkan. Bagi anak muda, memiliki penghasilan sendiri berarti bisa memulai hidup mandiri dan memenuhi berbagai kebutuhan serta keinginan yang diidamkan. Mulai keinginan berlibur ke tempat-tempat yang bagus sampai keinginan membeli gadget yang oke.

Memiliki penghasilan berarti juga kamu perlu mulai memikirkan kebutuhan hari depan. Kebutuhan hari depan bisa berupa, biaya pernikahan, biaya pembelian rumah, biaya pembelian mobil, biaya berlibur ke tempat yang lebih jauh, dan lain sebagainya.

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan di masa mendatang bisa ditempuh dengan berbagai cara. Cara yang umum dikenal adalah menabung, lebih spesifik lagi menabung di bank. Tapi, benarkah menabung di bank merupakan langkah tepat untuk menyiapkan kebutuhan di masa mendatang? Belum tentu.

Produk tabungan di bank saat ini sudah banyak dibebani berbagai biaya, mulai dari biaya administrasi bulanan, biaya ATM, sampai potongan pajak. Menempatkan dana di rekening bank malah menjadi hal yang kurang produktif. Sebagai gambaran, rata-rata biaya administrasi di bank saat ini Rp 10.000 per bulan, biaya ATM Rp 5.000 per bulan dan pajak bunga tabungan 20 persen bila saldo sama dengan atau di atas Rp 7,5 juta.

Investasi apa yang cocok untuk generasi milenial atau anak muda. Ini pilihan investasinya seperti dikutip halomoney:

1. Reksadana

Reksadana atau mutual fund merupakan produk investasi pasar modal. Mungkin mayoritas masyarakat Indonesia masih belum akrab dengan reksadana. Namun, beberapa tahun belakangan ini, minat orang berinvestasi di reksadana semakin tinggi, lho.

Berinvestasi di reksadana dapat menjadi pilihan investasi terbaik bagi anak muda. Mengapa? Karena modalnya tidak besar tapi prospeknya cukup bagus untuk masa mendatang.

Reksadana merupakan sebuah tempat atau wadah yang berisi kumpulan uang-uang investor yaitu si pembeli reksadana tersebut. Nah, uang yang terkumpul tersebut dikelola oleh manajer investasi atau fund manager.

Nah, manajer investasi tersebut mengelola uang para investor itu, memutarnya di berbagai produk pasar modal seperti produk pasar uang, obligasi dan saham. Melalui upaya pengelolaan itu, si investor berharap dananya bisa dikembangkan. Di sini kepiawaian seorang manajer investasi akan sangat menentukan, begitu juga kondisi pasar modal.

Bagi orang yang berusia muda, berinvestasi di reksadana dapat menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp 100.000 per bulan. Saat ini sudah banyak fitur investasi berkala di mana dana di rekening kamu akan langsung dipotong untuk pembelian unit penyertaan reksadana setiap tanggal tertentu.

Berbeda dengan tabungan rencana atau deposito di mana dana kamu dikunci selama periode tertentu. Dana yang kamu investasikan di reksadana dapat kamu ambil kapan saja bila memang membutuhkan. Pasalnya, kepemilikan reksadana tidak dikunci.

Namun, ingat, mengambil dana investasi di tengah jalan bisa memengaruhi pencapaian target dana. Reksadana juga akan memberikan keuntungan maksimal bila diperlakukan sebagai investasi jangka panjang.

Kenaikan harga reksadana bisa mencapai 30 persen untuk jenis reksadana saham. Keuntungan reksadana tidak dikenakan pajak.

2. Saham

Investasi saham bisa jadi pilihan investasi terbaik untuk anak muda. Mengapa? Usia muda masih memungkinkan untuk mengambil risiko yang tinggi. Saham adalah produk investasi pasar modal yang memiliki risiko tinggi. Namun, sebagai instrumen investasi jangka panjang, saham menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Mumpung masih muda, kamu bisa memulai investasi saham. Investasi saham sekarang semakin mudah dengan kehadiran banyak kanal investasi saham online.

3. Properti

Properti adalah salah satu investasi terbaik yang bisa jadi pilihan anak muda. Mungkin kamu berpikir investasi properti itu mahal, apalagi harga properti jarang yang di bawah ratusan juta rupiah. Jangan salah, ada cara investasi properti yang nyaman dijalankan, yaitu dengan memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) dari bank.

Memanfaatkan KPR bisa memaksa kamu menyisihkan sebagian penghasilan untuk menyicil aset. Saat ini, masih banyak rumah atau properti dengan harga terjangkau di bawah Rp 300 juta. Properti seharga itu dapat kamu miliki dengan uang muka di bawah Rp 50 juta dan cicilan di bawah Rp 4 juta per bulan.

Kenaikan harga properti juga menarik setiap tahun. Bisa di atas 25 persen per tahun.

 

Kontak Perkasa Futures