PT kontak Perkasa | Google baru saja merilis pembaruan perangkat lunak terbarunya untuk ponsel dan tablet, Android Oreo. Dan sementara banyak perubahan ada di balik layar, juga ada banyak fitur baru yang dapat Anda gunakan untuk berbuat lebih banyak dengan ponsel dan tablet Anda.

Sistem operasi ini lebih pintar, lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya. Pengguna akan menikmati notifikasi paket yang lebih mudah diatur atau mode gambar-dalam-gambar baru untuk video.

Ada perubahan pada ikon, alat pilihan teks yang mudah, dan pengisian otomatis dalam aplikasi seperti Google Chrome. Belum lagi performa yang lebih cepat dan masa pakai baterai lebih lama.

Banyak perubahan ada di balik layar yang tidak akan Anda lihat dengan segera namun akan membuat perbedaan besar dalam penggunaan sehari-hari.

 

BACA JUGA : Balasan untuk Malaysia insiden bendera 

Setelah periode pengujian beta yang panjang, Google merilis Android Oreo pada tanggal 21 Agustus.  Perangkat pertama yang akan mendapatkan perangkat lunak baru Google itu adalah Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel, Pixel XL atau tablet Pixel C dan Nexus Player. Pembaruan bisa memakan waktu hingga 2-3 minggu.
Kemudian akhir tahun ini, diperkirakan akan melihat Android 8.0 pada perangkat dari Essential, General Mobile, HMD Global Home dari Ponsel Nokia, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony untuk beberapa nama.

Berikut ini adalah rincian fitur baru yang spesifik untuk Android O bagi semua ponsel cerdas, tablet, dan beberapa untuk Android TV.

      • Optimalisasi Sistem: Google bekerja keras untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan lancar. Optimalisasi sistem akan memungkinkan ponsel melakukan reboot dua kali lebih cepat, dan berpotensi memberikan kinerja dua kali lipat untuk aplikasi dan game.
      • Background Limits: Fitur hemat daya selain “Doze” yang akan membatasi penggunaan baterai aplikasi saat berada di latar belakang berdasarkan prioritas. Di Android O ini akan membatasi seberapa sering aplikasi memeriksa lokasi Anda, memindai WiFi atau mengakses data.
      • Smart Text Selection: Android O akan mengenali alamat, URL, nomor telepon, dan alamat email. Ketuk dua kali dan copy/paste akan menyoroti keseluruhan baris, lalu tawarkan aplikasi yang Anda perlukan selanjutnya.
      • Notification Dots: Sistem notifikasi di Android sangat kuat, namun semakin baik. Titik berwarna dapat memperluas pemberitahuan dan aktivitas aplikasi ke tingkat visual.
      • Picture-in-Picture Mode: Android TV memiliki mode PIP dengan Nougat, dan sekarang semua Android akan memilikinya dengan Android O. Ini adalah video gambar-dalam-gambar. Bayangkan menonton Netflix dan YouTube pada saat bersamaan. Atau video YouTube sambil mencari tahu instruksi proyek di Chrome. Ada juga dukungan untuk multi display.
      • Auto-Fill: Sama seperti cara browser web di komputer dan mobile mengisi secara otomatis informasi seperti email atau alamat fisik, sekarang kita dapat melakukannya di aplikasi. Android O membawa pengisian otomatis dengan metode yang lebih canggih ke keseluruhan OS.
      • Ikon dan Lencana Adaptif: Notifikasi sekilas di ikon aplikasi layar utama. Mirip dengan iOS. Belum lagi ikon adaptif. Bayangkan ikon jam selalu menunjukkan waktu yang tepat, kalender menunjukkan tanggal, belum lagi animasi yang apik.
      • Saluran Pemberitahuan: Sistem notifikasi sedikit berubah. Pemberitahuan yang dibundel berkat API baru akan membiarkan pengembang memiliki kontrol lebih terhadap apa yang kita lihat, dan seberapa sering.
      • Warna gamut yang lebar untuk aplikasi: Pengembang Android sekarang dapat memanfaatkan perangkat baru yang memiliki layar yang lebar, seperti Galaxy S8. Aplikasi akan lebih berwarna dan menakjubkan.
      • Navigasi Keyboard: Kita sudah memiliki hal ini sampai tingkat tertentu di Android Nougat, dan akan lebih baik di O. Mengizinkan gesekan dan isyarat untuk navigasi dengan keyboard dan teks saat mengetik.
      • Perbaikan Audio: Audio low-latency rendah, Bluetooth aptX, dan hal lainnya.
      • Emoji Android Baru: Google mendesain ulang setiap emoji untuk Android O. Selain menjadi vendor pertama yang menawarkan sepenuhnya dukungan Emoji 5.0.
      • Android O Vitals: Titik pembicaraan yang besar untuk Google adalah Vitals. Proyek ini akan memperbaiki masa pakai baterai, waktu startup, waktu rendering grafis, dan stabilitas perangkat.
      • Rescue Party: Android memperbaiki dirinya sendiri. Rescue Party memulihkan dan memperbaiki komponen inti OS Android saat booting.
      • Huruf dan XML yang dapat diunduh: Pengembang dan produsen akan memiliki kontrol lebih terhadap font dan warna yang mereka berikan pada perangkat atau aplikasi. Setiap aplikasi dapat dengan mudah memiliki fontnya sendiri yang tidak akan mengganggu perangkat kita.
      • Pengalaman yang cair: Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbuat lebih banyak dengan Android. Pengalaman ini terdiri dari mode picture-in-picture, notification dots, dan adaptive icons.
      • Project Treble: Sebuah proyek baru untuk membuat basis modular Android. Tujuannya adalah untuk membuat Android menjadi lebih mudah bagi produsen dan operator.
      • Android Go: Mirip dengan Android One, Android Go adalah inisiatif baru untuk perangkat murah. Seluruh sistem operasi, Google Apps, dan Play Store telah dibangun kembali untuk perangkat dengan RAM 1GB atau kurang. Membawa premium Android ke setiap ponsel murah.
      • Lebih banyak Gerakan Sidik Jari: Google akan menambahkan lebih banyak fitur gerak dan aksesibilitas ke Android O

 

PT kontak Perkasa